Jepang dikenal dengan negeri sakura. Tak heran jika disekeliling rumah terdapat banyak sekali pohon sakura. Tidak ada hanya di luar rumah, sebagian orang menaruhnya di dalam rumah. Selain wangi, bunga ini juga bagus dan cantik warnanya.

Rumah di Jepang juga terbuat dari kayu yang kokoh dan tidak mudah rapuh. Keadaan di Jepang juga tidak kumuh, terkadang jauh dari jalan raya sehingga tidak banyak pencemaran udara akibat asap kendaraan.

Bangunan Jepang sekilah terlihat biasa saja, namun di dalamnya terdapat banyak perabotan yang bagus dan cantik-cantik. Penataan ruangan tidak kalah rapi dengan Indonesia.

Apalagi Jepang dikenal sebagai negara teknologi dan disiplin yang tinggi sehingga menarik untuk ditelusuri. Jepang juga merupakan negara terbersih di dunia, tentunya ini yang harus kita tiru.

Banyak orang yang memilih tinggal di apartemen yang megah, namun Jepang memutuskan tinggal di rumah sendiri. Karena, mereka terbiasa hidup dengan rumah yang minimalis bersama keluarganya.

Membeli rumah yang sudah jadi terkadang bukan investasi yang baik bagi Jepang, karena nilai jualnya terkadang rendah dibandingkan rumah yang dibuat sendiri.

Terkadang juga orang Jepang membuat bangunan rumah yang anti gempa dan tsunami. Entah apa saja yang mereka lakukan untuk memperkokoh bangunan. Yang jelas orang Jepang memiliki cara berpikir yang tinggi.

Contoh Desain Rumah Minimalis Ala Jepang

Inilah penampakan dari dalam suatu rumah di Jepang. Ruang tamu yang dibuat tidak lagi dengan sofa seperti di Indonesia. Tetapi, bangunan jepang lebih dominan dengan lesehan pada ruang tamunya. Hanya beralaskan seperti bantal kecil.

Ini merupakan ruang keluarga, bisa juga digunakan untuk makan bersama kelurga. Di Jepang semua serba lesehan. Justru itu yang membuat harmonis dalam keluarga. Di rumah Jepang hanya ada 1 meja berukuran kecil namun keluarga disana tidak berebut tempat. Itulah ciri khas Jepang, menikmati apa yang mereka miliki.

Ini keadaan dapur yang jendelanya hanya dengan tirai kertas. Hal itu dikarenakan agar mudah dibuka secara lebar saat sedang memasak. Jendela yang dibuka lebar berguna agar asap dapur tidak mengendap pada ruangan.

Desain rumah jepang ini terlihat lebih menyatu dengan alam. Karena disekitarnya terdapat banyak tumbuhan. Letak seperti ini yang baik digunakan oleh kalian, karena udaranya alami segar, tidak tercemar polusi asap kendaraan.

Terlihat atap rumah Jepang ini seperti rumah adat di Indonesia. Namun, bedanya ada beberapa jendela kaca di rumah Jepang ini. Di Jepang ada beberapa rumah yang depannya memiliki tangga. Itu merupakan sebuah perintah agar kita sebagai tamu untuk melepas alas kakinya.

Rumah Jepang ini dominan dengan tirai kertas. Seperti kamar ini, tirainya berbahan kertas, tempat tidurnya pun tidak memakai kayu atau besi, tetapi langsung menyentuh lantai. Itulah ciri khas Jepang semua serba lesehan.

Fakta menarik bangunan Jepang adalah rumah-rumah disana memiliki umur yang harus diruntuhkan dan dibangun kembali. Untuk rumah kayu biasanya dua puluh tahun dan rumah beton tiga puluh tahun.

Didalam rumah Jepang mungkin kita akan menjumpai sedikit perabotan, hal itu dikarenakan orang Jepang menyimpan semua barangnya di lemari yang besar agar tidak cept rusak. Wow…Begitu sayangnya orang Jepang terhadap benda yang mereka miliki.

Itulah beberapa bentuk bangunan minimalis ala Jepang. Di Indonesia belum banyak dijumpai bangunan seperti itu. Tetapi kalau kalian ingin mencoba desain seperti diatas juga boleh. Sederhana dan menarik tentunya tidak menghabiskan banyak uang. Terima kasih telah menyempatkan membaca artikel kami.

Categories: Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *