Berbagai desain yang menarik tentunya banyak bermunculan di era modern seperti ini. Contohnya saja desain rumah etnik jawa yang dijadikan minimalis. Kelihatannya menarik bukan? Mempunyai rumah minimalis untuk keluarga kecil merupakan idaman semua orang. Desain minimalis ini yang akan membuat rumah etnik jawa terlihat lebih menarik.

Yang paling meonojol ketika mendengar kata rumah adat jawa yaitu rumah joglo. Jawa identik dengan rumah joglo yang dibangun dengan kayu kemudian di ukir dan di pahat untuk mempercantik bangunan.

Meskipun sederhana rumah jawa ini memiliki nilai budaya yang tinggi loh. Kenapa dibilang memiliki nilai budaya tinggi? Karena rumah ini masih berhubungan erat dengan sejarah pada masa lalu. Penasaran dengan gambaran rumah jawa yang akan dibahas?

Berikut beberapa gambaran tentang desain rumah minimalis etnik Jawa.

Rumah Joglo Minimalis Untuk Hunian Modern
  • Pada dasarnya¬† yang disebut dengan rumah berkonsep etnik bisa dikaitkan dengan suku bangsa dan adat yang ada di daerah itu sendiri. Seperti rumah jawa yang memiliki ciri khas tersendiri di bangunan rumahnya.
  • Ada beberapa sisi dari bangunan yang tidak semua rumah dibangun seperti rumah etnik Jawa ini. Rumah etnik Jawa ini biasanya dibangun dengan kayu yang kuat untuk menopang bangunan agar lebih aman untuk berlindung keluarga. Rumah etnik Jawa juga sangat simple dan sederhana tidak memerlukan banyak bahan dalam pembangunannya.
  • Tembok pun dapat diberikan kesan etnik dengan ukiran atau pahatan di pinggirannya. Biasanya¬† tembok di aplikasikan dengan warna yang netral dan tenang. Yang menjadi penarik perhatian masyarakat bukanlah warna cat yang ada pada tembok.
  • Namun kayu yang dijadikan bahan membuat tembok itu sebagai daya tariknya masyarakat. Kayu yang digunakan juga bukan sembarang kayu yang mudah rapuh. Kayu yang biasa diambil biasanya kayu jati yang sangat kokoh dan kuat.
  • Bangunan ini bernama pendopo. Pendopo adalah bangunan yang tidak memiliki batas atau terbuka lebar tanpa dinding. Fungsi dari pendopo sangatlah  banyak. Orang jawa biasa menggunakana pendopo ini sebagai tempat untuk berkumpul membahas suatu hal yang akan dikerjakan. Dibagian ini biasanya terdapat soko guru dan tumpang asrinya.
  • Menurut bentuk keseluruhan dan bentuk kerangkanya, rumah joglo ini berjenis joglo nom atau joglo muda karena bentuk atapnya yang memanjang dan tinggi.
  • Ini merupaka bagian dalam rumah etnik jawa, semuanya terlihat bahan yang digunakan berasal dari kayu yang diberi warna coklat. Itulah ciri khas rumah etnik jawa, menggunakan kayu sebagai dinding dan banyak ukiran serta pahatan pada dinding tersebut.
  • Bagian dalam ini biasanya berada di tengah antara ruang depan dan ruang belakang. Karena pada umunya rumah etnik jawa dibagi menjadi 3 ruangan yaitu, pendopo, dalem dan pawon. Istilah tersebut sangat identik dengan jawa karena bahasanya yang unik. Bagian rumah ini biasanya digunakan oleh penghuninya untuk bersantai.

Rumah joglo ini biasanya ada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta yang membedakan adalah pada ciri khas daerah masing-masing. Semua orang bebas menentukan desain rumah sesuai selera masing-masing.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Sederhana

Namun, rumah etnik jawa sekarang sudah punah secara perlahan. Sekarang bannyak rumah mewah dan megah yang menyaingi rumah tradisional ini. Tapi jika Anda pandai mendesain, rumah sebesar apapun akan kalah menarik dengan rumah minimalis etnik jawa yang Anda buat.

Demikian artikel sederhana yang saya buat, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih telah singgah dan membaca artikel ini semoga dapat menjadi inspiratif dan motifasi untuk Anda semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *